Langsung ke konten utama

Nafasku untuk Mencintaimu

“Gue kemaren abis dari Jogja. Yaa. . . gak lama sih. Cuma jalan-jalan santai gitu,” kata Tesa santai.
“Lu ke Jogja,” tanya Faris histeris.
“Iya. Kenapa ?”
“Lu ke Jogja, dan lu gak ngajak gue, Tes. Dan lu nanya, kenapa,” Faris menghentikan makannya. Tatapannya lekat memandang Tesa.
“Lu kan sibuk. Lagian gue juga emang sengaja sendiri aja.”
“Tes, lu kan isa nanya dulu ke gue. Gue isa ato enggak, kan yang penting lu konfirmasi gue. Gak asal ngabur ke Jogja sendiri gitu.”
“Gue males ribet, Faris. Lu kenapa sih gak mau ngerti gue. Gue tuh pengennya maen sendiri. Dan gue beneran ke Jogja sendiri. Gak sama sapa-sapa juga,” nada bicara Tesa sedikit tinggi.
“Iyaa. . . iyaa. . . maaf. Gue masih posesif sama hidup lu,” balas Faris lebih tenang. “Lu berapa hari di Jogja, Tes ?”
“Apa sih, Ris ? Udah dehh. Gak usa ngebahas posesif ato apa yang laen. Itu udah bukan bahasan kita lagi sekarang,” Tesa melunak. Faris tersenyum geli.
“Cowok lu sekarang sapa, Tes ? Anak mana ?”
“Gue lagi males pacaran. Lagi males ribet. Sekarang ini, gue pengen seneng-seneng doank. Jalan kemana pun gue suka. Makan di mana pun gue mau. Beli apa pun yang gue pengen. Tanpa ada yang nglarang gue,” cerita Tesa antusias. “Lu sendiri ? Cewek lu anak mana ?”
“Tanpa gue bilang pun, lu tau, gue belom isa nglupain lu, Tes. Gue masih sayang sama elu. Gue gak akan bisa nerima cewek lain.”
“Kenapa ? Kita uda kelar, Ris. Nggak ada lagi yang mesti lu inget. Dan nggak perlu juga nutup pintu hati lu buat cewek yang isa nerima lu.”
“Nggak bisa, Tes. Lu paham nggak sih perasaan gue ? Gue tau, gue uda bikin kesalahan, bikin lu kecewa, dan bikin hubungan kita mesti selesai. Tapi gue selalu berharap, gue masih punya kesempatan lagi. Meski pun itu nggak mungkin.”
“Ris, apa yang terjadi sama kita, itu bukan kemauan gue. Bukan kemauan elu. Tapi itu yang terbaik buat kita. Jadi lu nggak perlu nyalahin diri lu sendiri. Gue juga sadar kok kenapa lu posesif sama gue. Karena mungkin lu nggak mau kehilangan gue. Tapi itu wajar. Mungkin karena sikap gue juga yang bikin lu sering nglarang gue ini itu. Kesana kesini. Tapi sekarang. . . ya lu tau sendiri kan. . . “
“Gue lebih nyaman dengan keadaan kita sekarang, Ris. Gue nggak perlu ijin siapa pun untuk melakukan apa yang gue mau dan gue suka. Kecuali mama papa. Lu juga tau kalo itu.”
“Ehh, papa mama apa kabar, Tes. Uda lama gue nggak ketemu mereka,” Faris tiba-tiba menanyakan orang tua Tesa.
“Baik. Mereka sehat. Kemaren abis tur ke Eropa. Sama Gio juga. Lu kemaren dibeliin sepatu sama nyokap. Bokap beliin lu parfum. Gio katanya kemaren nyariin jersey buat lu. Mereka nanyain, lu sibuk apa, kok nggak pernah maen lagi ke rumah,” jelas Tesa.
“Mereka belom tau,” tanya Faris singkat. Tesa menggeleng pelan.
Hening. Tak ada yang bicara kecuali orang yang lalu lalang di sekitar mereka. Karena memang sedang jam makan siang. Tesa mengambil tasnya, lalu mengambil bungkusan kecil.
“Ini buat lu. Yang ini kado ulang tahun lu sekalian oleh-oleh gue dari Jogja kemaren. Biar ngirit. Kan gue lagi ngumpulin duit buat muter Indonesia,” kata Tesa nyengir sambil menyodorkan bungkusan tadi lebih dekat ke Faris. “Nggak seberapa sih, Ris, tapi semoga lu suka.”
“Hei. . . lu masih inget ulang tahun gue,” goda Faris sambil mencolek dagu Tesa.
“Ya jelas masih lah. . . Mantan terindah. . .,” kata Tesa centil menggemaskan. Faris tertawa riang. Tesa ikut tertawa.
“Apaan sih nih ? Males gue kalo dibecandain,” tanya Faris sambil melihat dengan seksama bungkusan yang diberi Tesa.
“Buka, biar tau. Lu liatin emang isa ngebuka sendiri ? Aneh lu,” balas Tesa lalu mengambil sebatang rokok.
Faris mulai membuka bungkusan tadi dengan hati-hati. Ada kotak kecil. Dibukanya kotak itu. Ada cincin perak dan gantungan kunci. Faris mengambil cincinnya. Memegangnya dan memperlihatkan ke Tesa. Tatapan matanya seperti bertanya-tanya, mengapa Tesa memberinya cincin.
“Gue kemaren ke Kota Gede. Trus gue sengaja mampir di toko kerajinan perak yang dulu pernah kita datengin.”
Faris sedikit berpikir. Agak bingung. Lalu dilihat lagi cincin pemberian Tesa. Dia masih diam. Tapi beberapa detik kemudian, dia histeris. “Gila lu, Tes. Lu gak serius kan,” teriak Faris membuat orang yang ada di kafe menoleh ke arah mereka. Tesa hanya mengerlingkan sebelah matanya. Lalu menunjukkan cincin di jari tengah tangan kanannya. Wajah Faris masih terlihat tak percaya. Dia duduk bersandar, mengambil rokok dari tangan Tesa. Menghisapnya beberapa kali.
“Apa sih mau lu, Tes ? Lu keukeuh gak mau balikan sama gue.Tapi lu masih aja nyimpen mimpi kita dulu. Gue gak bisa kayak gini terus, Tes. Tiap kali lu nyuruh gue move on, tiap kali itu juga lu selalu ngingetin ke gue tentang apa yang uda kita jalani. Tentang apa yang uda kita rencanakan dari dulu. Tentang apa yang jadi tujuan kita. Gue tau, gue pernah melakukan kesalahan tapi gue mohon, jangan siksa perasaan dan hidup gue seperti ini. Gue sayang sama elu, Tes. Sampai sekarang pun rasa sayang gue ke elu gak berubah. Dan gue tau, elu juga masih sayang sama gue,” Faris sudah mulai tenang. Dan pembicaraan serius itu tidak terlihat menegangkan. Tesa mendengarkan setiap kata yang Faris ucapkan. Wajahnya tak pernah lepas dari senyumannya yang menggoda. Yang membuat Faris tergila-gila padanya.
“Gue gak munafik, Ris. Perpisahan kita, salah satu kenyataan yang berat, yang harus gue lalui. Itu gak mudah. Dan lu tau pasti tentang hal itu. Tapi dengan cara itulah, gue gak lagi berhak buat mengatur hidup lu,” Tesa berbicara dengan tegas. Tak ada amarah atau kebencian di balik ucapannya.
“Iya. Lu emang gak ada hak buat ngatur hidup gue. Dan perpisahan kita, berarti juga, lu bebas nglakuin apa aja. Itu maksud lu ? Lu bebas mau kemana, ngapain, di mana, sama siapa. Mau pulang jam berapa, mau pergi sama sapa, bahkan lu gak pernah tau gimana perasaan gue, waktu gue tau dari anak-anak, lu jalan sama Nico.”
Tesa tersenyum sinis. “Dan lu cemburu,” tanya Tesa menyelidik.
“Tes, gue orang. Gue punya perasaan. Segampang itu lu jalan sama Nico setelah kita bubar. Gue emang gak ada hak lagi buat ngatur hidup lu. Tapi seenggaknya lu hargai gue. Jaga perasaan gue,” Faris mulai meninggikan bicaranya. Tapi masih bisa terkendali. Tapi ucapan Faris berhasil menyulut emosi Tesa.
“Ooohhhh. . . . . Lu mau ngomong soal jaga perasaan. Siapa yang gak jaga perasaan ? Gue jalan sama Nico juga gak cuma berduaan. Rame-rame. Dan kita cuma clubbing. Dan itu juga saat kita uda gak ada komitmen, Ris. Itu enggak sama saat lu punya komitmen dan lu jalan diem-diem sama mantan lu. Beda. Saat itu, lu mikir gak tentang bab jaga perasaan pasangan lu ? Lu pinter kan buat mencerna omongan gue,” Tesa lebih dulu terbakar emosi. Bahkan dia mulai menunjuk muka Faris.
Plaakkk
Faris mendaratkan tangannya di pipi Tesa. Membuat perhatian pengunjung lain tertuju ke arahnya. Tesa diam. Tak melihat amarah Faris. Dia memalingkan wajahnya. Pipinya merah. Tapi tak disentuhnya.
“Lu tau gimana gue, Ris. Seberapa gue setia sama pasangan gue. Bahkan saat gue tau lu boongin gue pun, gue berusaha buat maafin elu. Meski pun lu gak tau, gue tau semua yang lu lakuin ke gue. Gue diem kan? Dan gue pura-pura gak tau tentang semua yang lu lakuin. Sakit, Ris. Saat lu tau, orang yang lu sayang, orang yang lu percaya, bo’ong di belakang lu.”
Faris menunduk. Diam. Sedangkan Tesa sudah mulai bicara dengan terbata. Matanya memerah. Suaranya parau. Tapi masih bisa dia menahan airmatanya menetes.
“Maaf, Tes. Gue tadi emosi. Kita pulang aja ya,” ajak Faris lembut sambil menggenggam tangan Tesa.
Mereka beranjak. Ada beberapa mata yang mengikuti langkah mereka berlalu. Faris tidak canggung melingkarkan tangan Tesa di pinggangnya. Tesa pun juga tidak menghindar dari perlakuan Faris.
Mobil Tesa melaju ke arah kantor Faris saat ponsel Faris berdering. Mama Tesa menelepon, meminta Faris untuk ke rumah.
“Ke kantor dulu ya. Gue ijin sekalian aja. Mau balik cepet. Lagian juga gue pengen ke rumah. Kangen juga maen PS sama Gio. Mama juga tadi bilang, uda masakin rendang. Gue masih boleh maen kan, Tes,” Faris menjelaskan ke Tesa. Tangannya mengusap tangan Tesa.
“Lu balik aja dulu, ambil baju. Lu kayak gak tau gimana mama. Tar ujungnya juga lu disuruh tidur di rumah. Daripada tar keluar lagi, gue males. Lagian kalo ada elu di rumah itu, gue berasa jadi pembokat di rumah sendiri tau gak sih lu. Dikit-dikit mama manggil gue. Tes. . . tuh si Faris ambilin ini, Tes. . . sana siapin dulu buat Faris. . . ,” Tesa menirukan mamanya. Wajahnya sudah terlihat ceria lagi.
“Tes. . . “
“Apa ?”
Faris menghela nafas. “Beneran gak ada kesempatan lagi buat gue ?” Tesa hanya diam. Tangannya semakin erat menggenggam tangan Faris. “Tes. . . jawab gue. . . Apa perasaan lu ke gue uda plain ? Gue gak bisa. Gue gak mau tersiksa sama keadaan kita sekarang.”
“Trus, mau lu gimana, Ris ? Toh kita selesai juga bukan keinginan salah satu dari kita kan ? Kita uda ngomongin ini sebelumnya. Gue pikir ini emang yang terbaik buat kita kok.”
“Tapi gue gak bisa, Tes. Lu ngerti gak sih gimana perasaan gue. Gue masih sayang sama elu, Tes. Please. . . sekali ini, Tesa. Dan gue gak akan pernah nyia-nyiain. Gue janji Tesa. Kasih gue kesempatan,” Faris menepikan mobil Tesa. Melepaskan seat beltnya. Sesaat menyenderkan badannya. Tangan Faris kembali meraih tangan Tesa. Digenggamnya erat.
“Faris. . . lu nangis ya,” tanya Tesa setelah mengetahui Faris menyeka airmatanya. “Lu jangan nangis donk, Ris. Uda donk, Ris. Masa lu nangis sih, Ris. Lu gak malu ada yang liat lu nangis,” Tesa menghibur. Dia ikut mengusap pipi Faris yang basah.
“Sekali aja, Tesa. Dan gue gak akan bikin lu nangis. Gue janji.”
“Faris, gue masih sayang sama elu. Tapi kita uda berkali-kali ngomongin ini. Sampe sekarang pun gue masih belom bisa buka hati. Gak gampang buat ngilangin semua yang uda kita lewati. Gue gak munafik juga, kalo gue pun masih ada rasa pengen bareng sama elu. Gue cemburu lu deket sama cewek laen. Tapi ini yang terbaek buat kita. Kita harus membiasakan diri dengan keadaan kita sekarang. Maaf kalo berpikiran gue mainin perasaan elu, Ris. Tapi gue gak pernah ada niat untuk ngelakuin itu. Udah ya, Ris. . . kita harus bisa nerima keadaan kita sekarang.”
“Iya, Tes. Gue tau. Ya uda yaa, kita ke kantor aja dulu. Trus ke rumah ambil baju, baru ke rumah lu. Yang harus lu tau, Tes, kalo gue suruh milih, bernafas ato mencintai elu, gue akan pake nafas terakhir gue, buat bilang, gue akan selalu sayang sama elu,” kata Faris tenang dan mengarahkan mobil ke jalan raya. Tesa mengecup pipi kiri Faris lembut. Lalu tersenyum sangat manis.
****
“Faaaariiiiiiisssssssssss. . . . . . . . . . . . . . . . . ,” Tesa berteriak sejadi-jadinya. Tubuhnya lemas. Darah menodai baju yang dipakainya. Yang terdengar di telinganya hanya degup jantung Faris. Nafas Faris mulai tersengal, tapi begitu terlihat usahanya untuk tetap tersadar. Terlihat untuk tetap tersenyum memandang Tesa yang terus menangis.
“Aku sayang kamu, Tesa. Sampai nafas terakhirku,” Faris lirih berbicara sebelum nafasnya menghilang, sebelum degupnya berhenti.
“Fariisssss. . . kamu gak boleh pergi. Katanya kamu gak mau bikin aku nangis lagi. . . Fariiss. . . Bangun, Ris,” Tesa mengguncangkan tubuh Faris yang sudah kehilangan roh.
****
Sepersekian detik setelah mobil Tesa masuk ke jalan raya, entah dari arah mana, tronton bermuatan pipa menabrak mobil Tesa dan membuat si pengemudi terjepit.
****
“Gue mau kasih lu kesempatan, Ris, tapi lu jangan tinggalin gue. . . “ Tesa menangis di pemakaman Faris. Matanya entah sudah berapa kali berair.
“Tesa sayang Faris,” kata Tesa lirih, sambil mengecup nisan Faris, dan berlalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Awal

Aku bukan ketiga dari rentangmu dengan dia Kau sendiri bukan pelarian dari kisahku yang berakhir Jika memang aku teman hidupmu Lantas mengapa berlama menautkan hati kita Mengapa harus bertemu dan berkasih dengan hati yang dulu Sedang kau begitu setia menjaga rasa Di antara raguku yang menyergap di awal Dengan sombong, ku cegah pedulimu meluluhkan angkuh Ku batasi rasa rinduku agar tak kerap wajah kita beradu Dan kau memenangkan segala kelebihanku Dengan menyapa kekuranganku penuh hangat Hai pria yang kini bersamaku Mari eratkan genggaman Karena kita tak pernah tau Kapan godaan dan ujian menghampiri Sekedar mampir atau ingin memporakporandakan Kepada teman hidupku yang tetap bertahan Terimakasih telah membuatku juga bertahan Kecup dan pelukku untukmu tertanda, Perempuan yang selalu menjadi teman tidurmu

hujatan cinta

teruskan saja menghujatku yang kau hujatkan adalah kebencian yang terbungkus cinta kau tak menyadari bahwa cintamu terlalu dalam tapi memaksakan kau tak bisa memiliki cintaku dan kau hujani aku dengan makian semakin kau menghujatku semakin mereka akan tau siapa yang pantas dicintai dan siapa yang harus mencintai meski sampai mati

Biasa yang Tak Biasa

kita pernah ada di satu waktu yang tak biasa di saat kau berdua dan aku sendiri lalu kita terbiasa dengan yang tak biasa membiasakan menanyakan kabar terbiasa mengingatkan memberi kabar hingga yang tak biasa, menjadi biasa kemudian kita ada di satu sisi yang tak biasa ketika kau merasa memilikiku dan aku menganggap kamu kekasihku entahlah. . . bukankah kita sudah terbiasa dengan yang tak biasa dan membiasakan hal yang tak biasa menjadi biasa ahhh. . . rasanya kita perlu mengisi pikiran kita dengan hal yang biasa karena kita terlampau sering menjalani hubungan,    yang tak biasa agatha tbrm020216