Langsung ke konten utama

Cinta (Sehari) Emma



“Hai, tumben jam segini uda sampe kantor ? Ada gawean numpuk ya,” tanya Indra sambil berlalu saat langkahnya melalui Emma.
Emma yang duduk di kursi panjang depan ruangannya hanya mengangkat kepala. Melihat siapa yang menyapanya. Hanya pura-pura mencari tau. Dia tau yang menyapa Indra. Lalu melanjutkan kembali mencari berkas di tumpukan kertas.
“Kok aneh sih, dia kenapa diem aja ya gue lewat. Biasanya uda ngegombalin gue deh,” pikir Indra dan terus berlalu.
“Ehh, lu kok masih di sini sih, Em ? Lu belom ngerjain PR ya, makanya lu disuruh tinggal di luar ruang. Haa. . . haa. . .” Indra berusaha mencari tau penyebab perubahan Emma.
“Gak juga ! Lagi gak ada gawean aja. Makanya gue keluar. Tadi juga cuma iseng ngrapiin berkas,” jawab Emma lalu berdiri dan berjalan mengarah ke kantin kantor.
“Em, lu lagi ada masalah ya,” tanya Indra mengejutkan Emma. Tapi Emma tetap berjalan. Dan Indra membuntuti sambil kerepotan membawa berkas yang baru diambil di bagian Keuangan.
“Talk to my hand,” seru Emma sambil merentangkan kelima jarinya. Langkahnya pasti, dan tidak ada sedikit pun gerakan yang menunjukkan dia akan membalikkan badan.
Indra terhenti. Dia benar-benar heran dengan perubahan sikap Emma yang berubah drastis. Padahal Emma setiap hari selalu menggoda Indra. Dan Indra akan merasa mati kutu kalo Emma sudah menggodanya.
Lamunan Indra membuyar waktu berkas yang dibawanya jatuh. Ada seseorang yang menubruknya.
“Aduhh, sori Bang In. Gue tadi buru-buru terus kepleset. Nabrak dehh,” seru Sevi sambil ikut mengambil berkas Indra yang terjatuh.
“Lu kenapa juga sih jalan pake nubruk-nubruk gitu, Sev. Bikin berantakan berkas gue aja lu. Dikejar apaan lu sampe gak liat gue berdiri di sini,” kata Indra sedikit jengkel karena melewatkan momen melihat Emma berjalan. Bukan cara berjalan Emma yang membuat Indra terpesona, tapi keheranan Indra atas perubahan sikap Emma yang drastis.
“Bang, ini berkas lu. Maaf ya. Maaf banget. . . ,” kata Sevi sambil mengatupkan kedua tangannya.
“Gue mau ke kantin. Lu nitip gak ? Gue traktir deh Bang,” lanjut Sevi.
“Lu mau nyogok gue ? Gak mempan ! Apalagi kalo cuma makanan kantin, apaan itu,” balas Indra sedikit keki.
“Eh, tunggu, Sev ! Lu ngrasa bersalah kan sama gue, makanya sebagai permintaan maaf lu, lu mau nraktir gue makan di kantin. Gimana kalo gak pake makan. Dan lu bakal gue maafin plus gue traktir kalo lu mau bantuin gue,” lanjut Indra dengan tampang serius.
Sevi yang polos cuma memperhatikan dengan tampang yang tidak kalah serius.
“Lu gak lagi mabok kan, Bang ? Lu ngomong apaan sih ? Di kantin kan emang adanya makan. Emang lu minta apaan dari gue,” lanjut Sevi menyelidik.
“Emma berubah ke gue. Lu tau kan dia biasanya super duper gombal ke gue. Tapi tadi pagi dia gak ngegombalin gue. Dan gue ngrasa beda aja kalo pagi gue tanpa gombalan Emma. Tuh cewek gemesin. Kadang ngangenin. Dan gombalannya buat gue itu, gue yakin gak cuma sekedar gombalan doank. Gue ngrasa dia ada rasa sama gue,” jelas Indra panjang lebar ke Sevi.
“Rasa apaan, Bang ? Jeruk ? Haa. . . haa. . . ,” celetuk Sevi polos.
“Kalo lu mau gue maafin, lu cari tau apa yang bikin Emma berubah. Dia marah sama gue ato apaan gitu, pokoknya gue tunggu info lu. Atau usulan lu kemaren, gue pending,” lanjut Indra sambil berlalu dan berjalan menuju ruangannya.
Sevi berjalan ke arah Emma yang masih duduk di salah satu meja kantin sambil tangan kirinya memainkan sedotan di gelas yang masih terisi setengah jus jambu. Sedangkan tangan kanannya terlihat sibuk mengutak-atik gadgetnya.
“Ngapain lu, Em ? Bengong aja ! Masih pagi ini, lu uda ngantin. Gak ada gawean lu,” tanya Sevi mengagetkan Emma yang buru-buru membalikkan gadget yang daritadi menyita perhatiannya.
“Gue bengong juga masih tetep kece. Ngapain lu ke sini ? Mata-matain gue,” balas Emma sambil meneruskan mengaduk jus jambunya.
“Idihh, siapa elu pake gue mata-matain? Ya tumben aja sepagi ini lu udah nongkrong di kantin. Biasanya juga lu udah gegap gempita ngegombalin Bang Indra. Marahan ama dia,” selidik Sevi.
“Gue ? Marahan sama dia ? Ngapain ? Buang tenaga. Lagi males aja sama dia. Bosen,” balas Emma spontan. “Lu sejak kapan ngurusin Indra,” lanjut Emma.
Pembicaraan mereka menggantung. Sengaja tidak dilanjutkan lagi. Karena Emma merasa semakin dia berbicara, Sevi akan curiga. Dan Sevi pun merasa, semakin banyak dia bertanya, Emma akan semakin curiga juga.
Mereka kembali ke ruangan masing-masing. Emma kembali berhadapan dengan laptop dan mulai membuka folder pekerjaan. Tapi pikirannya entah terbang kemana.
Beberapa jam dia bersikeras mengkonsenkan perhatiannya untuk pekerjaan. Tapi sia-sia. Apalagi setelah Indra masuk ke ruangannya.
“Em, gue butuh tanda tangan lu di sini,” seru Indra menyodorkan tumpukan berkas yang lumayan banyak juga.
“Apaan sih lu, gak sopan banget. Ketok pintu dulu gak isa ? Ato kasih salam ! Kayak maling gak diundang lu,” kata Emma spontan yang cukup mengagetkan Indra.
“Gue kan emang maling. Maling hati dan perhatian lu,” balas Indra menggoda sambil mencolek dagu Emma. Lalu mendudukkan dirinya di handle kursi Emma dan bersikap wajar. Seakan yang dilakukannya adalah hal biasa.
Emma yang keheranan dengan sikap Indra malah jadi salah tingkah. Tapi matanya tetap menghujam Indra. Dan gantian Indra yang sekarang jadi salah tingkah.
“Berkasnya gue tunggu ato gue tinggal aja Em ? Kayaknya lu masih sibuk,” Indra membuka percakapan setelah beberapa menit mereka freeze.
“Terserah lu aja sih, kan yang butuh lu, bukan gue. Mau lu tunggu silahkan, mau lu tinggal juga silahkan. Bukan gue ini yang ribet,” Emma menjawab tanpa menoleh sedikit pun ke Indra tapi tetap menandatangani berkas.
“Lu kenapa sih, Em ? Daritadi pagi gue liat lu bete, dan lu jadi acuh sama gue. Gue ada salah ya sama lu? Kalo gue ada salah, jelasin apa salah gue. Jangan lu diemin gue gini. Meski pun gue cuek tapi gue ngrasa lu beda hari ini,” Indra dengan serius dan penuh wibawa bertanya ke Emma.
Emma meletakkan penanya. Lalu menatap Indra yang duduk di hadapannya dengan pandangan tajam. Ada amarah di sana. Ada bara yang ingin membakar kefemininannya.
“Maksud lu apa nanya gitu ? Bukannya elu ya yang bilang ke Bang Pay, lu gak suka gue gombalin. Lu yang bilang ke Bang Pay kalo gue itu norak. Dan tadi gue gak gombalin elu, kenapa lu malah tanya gue kenapa. Bukannya harusnya lu seneng ya,” jawab Emma sedikit dengan nada tinggi.
“Lu gak tau maksud gue, Em. Gue gak suka lu gombalin cowok lain selain gue. Gue jealous setiap kali gue liat dan denger lu gombalin mereka. Gue cemburu ! Denger lu, Em, gue CEMBURU ! !” Indra berdiri dan mendekati Emma. Benar-benar dekat. Sampai Emma bisa merasakan nafas Indra yang memburu.
“Kenapa ?” balas Emma sedikit lebih tenang. “Karena lu suka sama gue ? Karena lu sayang sama gue ? Dan lu cemburu ? Sedangkan elu ? Lu juga ngerti kan gue suka sama elu, In. Kenapa lu biarin Nova ngrayu elu di depan gue. Gue sakit, In. Apalagi Bang Pay bilang ke gue, lu bilang gue norak, lu bilang gue. . . “ belum sampai Emma menuntaskan kalimatnya, Indra membenamkan tubuh Emma di pelukannya. Dekapannya erat. Isakan Emma jadi tak terdengar.
Emma mencoba melepaskan tubuhnya dari dekapan Indra. Tapi Indra malah semakin memeluknya erat.
Please, Em. Jangan siksa gue sama sikap lu. Gue sayang sama lu. Tapi gue gak tau gimana caranya bilang sama lu. Gue terlalu cuek sama lu. Gue terlalu sombong buat ngakuin lu uda bikin gue jatuh cinta sama lu,” Indra masih memeluk Emma dan mencium kening Emma.
Dekapannya mulai lepas tapi tangannya masih menggenggam tangan Emma. Dilihatnya Emma baik-baik. Dan mata mereka kembali beradu.
“Gue pengecut, Em. Gue gak berani bilang, gue sayang lu dari pertama kita deket. Sampe lu gombalin gue dan kasih sinyal ke gue. Gue goblok banget sampe telat nyadar, lu itu cinta sejati gue. Lu itu yang harusnya jadi cewek gue,” Indra masih menggenggam tangan Emma.
“Tapi lu uda buktiin lu gak pengecut, In. Lu berani ungkapin perasaan lu ke gue. Tapi tadi lu belom bilang sayang loh sama gue yang sekarang,” balas Emma dengan sedikit senyum untuk menggoda Indra.
“Tuh kan, mulai lagi deh gombalnya. Gue selalu melting, Em, tiap lu gombalin. Rasanya gimana gitu. Kayak pengen terbang gitu. Berasa pengen loncat-loncat hepi gitu deh. Kayak gitu gak sih rasanya,” Indra antusias bercerita dan Emma mendengar dengan bersemangat.
Mereka terhanyut dalam setiap kata yang terucap. Sampai lupa berkas yang harus ditandatangani Emma dan segera disetor Indra ke bagian keuangan.
“Em, uda kelar belom tanda tangan lu ? Ada tamu tuh nunggu lu di luar,” kata Pay yang tiba-tiba masuk ke ruang Emma. “Elu di sini juga, In ? Minta tanda tangan berkas tadi itu,” lanjut Pay setelah tau ada Indra di ruangan Emma yang lagi asik ngobrol sama Emma.
“Ehh, iya, Bang. . Ini baru gue mintain, tapi malah gue diajak ngobrol tuh sama si Emma,” Indra berbasa-basi dan senyum-senyum sambil berlagak merapikan berkas. Padahal berkas juga gak begitu berantakan.
HP Emma berdering. Indra sempat melihat foto pemanggil yang nampak jelas di layar HP. Seperti dia kenal. Tapi Emma buru-buru mengangkat telpon dan berdiri sedikit menjauh dari Indra dan Pay.
“Sapa Em ?” tanya Indra dan Pay serempak.
“Huu. . . dasar. . . Kepo deh kalian ! Want to know aja urusan orang,” jawab Emma yang semakin bikin mereka penasaran.
Pay yang gondok memilih keluar ruangan setelah mencomot camilan di meja kerja Emma. Sedangkan Indra masih berusaha mencari tau.
“Sori, Em, gue kepo. Tapi tadi gue sempet liat foto pemanggil di HP lu. Dan gue gak asing sama tuh orang. Siapa ? Cowok lu ?”
Emma kaget dengan pertanyaan Indra. Tapi dia tetap diam. Tak menoleh ke arah Indra. Hanya meneruskan menandatangani berkas.
“Em, please jawab pertanyaan gue. Lu ada hubungan apa sama Bams ? Foto Bams kan yang di HP lu ? Kasih gue penjelasan, Em,” lanjut Indra.
Emma menghela nafas sambil meletakkan pena,”Iya. Itu Bams. Kenapa ? Ada yang salah ?”
“Lu pacaran sama Bams ?”
“Iya,” jawab Emma singkat. Dan matanya tak melepaskan pandangan Indra yang menajam.
“Sejak kapan ?”
“Kemaren.”
“Dan lu gak cerita sama gue ?”
“Perlu ?”
“Em, gue suka sama elu !” nada bicara Indra agak meninggi.
“Dia juga suka sama gue !” Emma sedikit berteriak.
“Gue yakin lu gak bener-bener suka dia. Lu gak beneran sayang dia. Lu sayang gue, Em. Gue bisa liat itu dari mata lu. Dari sikap lu ke gue,”Indra terbawa emosi sampai memegang pundak Emma dan memojokkannya ke tembok.
“Tapi gue yakin dia sayang sama gue, In. Dia care sama gue. Dia lebih respect. Dia lebih bisa menghargai gue. Meski pun gue gak bisa boong sama perasaan gue. Gue sayang sama lu, In. Tapi lu terlalu acuh sama gue. Sori In,” jelas Emma sambil mengusap pipi Indra yang basah. Indra menangis.
Indra berlutut. Emma berusaha mengangkat badan Indra agar berdiri. Tapi sia-sia.
“Kenapa lu siksa gue, Em ? Kenapa lu lebih milih dia ketimbang gue,” Indra bersuara lirih.
Emma ikut berlutut. Diarahkannya kepala Indra ke dalam pelukannya.
“Maaf, In. Andai lu lebih dulu bilang ke gue tentang perasaan lu, andai lu lebih care dan gak jutek sama gue, andai lu sedikit aja peka sama gue, gak cuek sama gue, mungkin gue akan lebih tau tentang perasaan lu ke gue. Tapi lu simpen semua perasaan lu dari gue,” Emma menjelaskan. Tangannya mengusap kepala Indra.
Setelah beberapa saat mencoba menenangkan Indra, Emma berusaha membuat Indra berdiri.
“Gue mau lu cium gue, Em. Dan gue akan menjauh dari lu setelah itu,” Indra menggenggam tangan Emma. Matanya menghujamkan pinta yang teramat dalam.
“Gue gak bisa, In. Gue gak mau nyakitin Bams. Sori gue gak bisa,” jawab Emma yang berusaha melepas genggaman tangan Indra.
“Pertama. Terakhir. Gue mohon, Em,” Indra mendekatkan wajahnya. Kening mereka menyatu. Tapi Emma masih menahan Indra. Nafas Indra terasa di kening Emma. Tangannya memeluk pinggang Emma. Pun tangan Emma.
Dan satu ciuman perpisahan yang begitu berat antara Indra dan Emma, meluncur dengan gejolak tak ingin dipisahkan.
Sekali lagi Indra menyentuh bibir Emma dengan bibirnya. Lebih lama. Dibarengi dengan isak Emma. Pelukan Emma semakin erat.
“Makasih, Em. Gue janji akan ngejauh dari lu. Tapi gue gak akan berhenti memperjuangkan cinta lu buat gue. Gue yakin, lu cinta sejati gue,” Indra menyeka airmata Emma sebelum dia berlalu meninggalkan ruangan Emma.
Sore ini Emma janjian dengan Bams akan makan malam berdua sepulang kerja. Dan setelah Emma mendudukkan badannya di jok depan mobil, Bams meluncurkan sedan hitamnya ke foodcourt. Beberapa blok dari kantor mereka.
Setelah selesai makan, sambil menikmati dessert, Bams bertanya ke Emma,”Em, lu sayang gak sih sama gue ?”
“Ya sayang donk. Kenapa sih nanya gitu ?”
“Gue gak bisa nglanjutin hubungan kita, Em. Sori. Bukan gue gak sayang sama elu. Tapi cinta lu bukan buat gue. Dan gue gak mau lu maksain perasaan lu yang harusnya buat cowok laen.”
“Apaan sih Bams ? Gak usah ngaco deh !”
“Gue serius, Em. Lu gak bener-bener cinta gue. Cinta lu bukan buat gue.”
“Lu kenapa sih Bams ? Jangan ngelantur akhh. . . “
“Indra.”
Emma mendadak salah tingkah.
“Indra kenapa,” tanya Emma pura-pura bodoh.
“Cinta lu buat Indra. Bukan buat gue, Em.”
Mereka seperti dibekukan keadaan.
“Tadi gue gak sengaja ngliat. Niatnya cuma mau nyamperin lu. Tapi gue malah liat lu ciuman sama Indra. Dan gue denger percakapan kalian. Gue gak marah. Tapi gue sadar. Cinta lu buat dia. Lu sayang sama dia. Gue sakit hati, Em. Tapi gue merasa sangat bersalah kalo gue jadi penghalang kalian. Gue gak mau lu mematikan cinta lu ke Indra karena gue. Kejar dia, Em. Perjuangkan cinta lu. Cinta kalian,” Bams begitu bijak.
Mata Emma berbinar. Senyumnya mengembang. Airmatanya menetes lagi. Tapi rona kebahagiaan tetap mewarnai wajahnya.
“Makasi Bams. Maaf. Hubungan kita jadi sesingkat ini. Gue gak bermaksud nyakitin lu,” balas Emma yang tak bisa menutupi kecerahan hatinya.
“Kejar dia, Em. Jangan sampe kamu nglepasin dia.”
“Pasti !”
agha senja
tbrm.230614

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Awal

Aku bukan ketiga dari rentangmu dengan dia Kau sendiri bukan pelarian dari kisahku yang berakhir Jika memang aku teman hidupmu Lantas mengapa berlama menautkan hati kita Mengapa harus bertemu dan berkasih dengan hati yang dulu Sedang kau begitu setia menjaga rasa Di antara raguku yang menyergap di awal Dengan sombong, ku cegah pedulimu meluluhkan angkuh Ku batasi rasa rinduku agar tak kerap wajah kita beradu Dan kau memenangkan segala kelebihanku Dengan menyapa kekuranganku penuh hangat Hai pria yang kini bersamaku Mari eratkan genggaman Karena kita tak pernah tau Kapan godaan dan ujian menghampiri Sekedar mampir atau ingin memporakporandakan Kepada teman hidupku yang tetap bertahan Terimakasih telah membuatku juga bertahan Kecup dan pelukku untukmu tertanda, Perempuan yang selalu menjadi teman tidurmu

hujatan cinta

teruskan saja menghujatku yang kau hujatkan adalah kebencian yang terbungkus cinta kau tak menyadari bahwa cintamu terlalu dalam tapi memaksakan kau tak bisa memiliki cintaku dan kau hujani aku dengan makian semakin kau menghujatku semakin mereka akan tau siapa yang pantas dicintai dan siapa yang harus mencintai meski sampai mati

Biasa yang Tak Biasa

kita pernah ada di satu waktu yang tak biasa di saat kau berdua dan aku sendiri lalu kita terbiasa dengan yang tak biasa membiasakan menanyakan kabar terbiasa mengingatkan memberi kabar hingga yang tak biasa, menjadi biasa kemudian kita ada di satu sisi yang tak biasa ketika kau merasa memilikiku dan aku menganggap kamu kekasihku entahlah. . . bukankah kita sudah terbiasa dengan yang tak biasa dan membiasakan hal yang tak biasa menjadi biasa ahhh. . . rasanya kita perlu mengisi pikiran kita dengan hal yang biasa karena kita terlampau sering menjalani hubungan,    yang tak biasa agatha tbrm020216